Hujan dan banjir merupakan salah satu musuh terbesar kendaraan roda empat. Hal ini tentu saja berlaku untuk mobil keluarga sekelas Toyota Innova terbaru. Meskipun mobil ini sering disebut-sebut sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih serta performa yang mumpuni namun tetap saja hal itu tidak membuatnya kebal terhadap banjir.

Cara sederhana merawat mobil saat banjir

Ada berbagai cara untuk meminimalisir dampak banjir bagi kendaraan. Namun, yang paling penting adalah Anda melakukan perawatan rutin untuk memastikan kondisi mesin mobil selalu baik. Jika Anda ingin tahu perawatan apa saja yang mesti dilakukan berikut beberapa contoh sederhananya.

  1. Gunakan terpal sebagai penutup

Perlu Anda ketahui jika air hujan buka saja mengandung air biasa. Air hujan terutama yang terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya merupakan hujan asam yang diakibatkan oleh polusi di daerah tersebut. Sesuai namanya, air dari hujan asam memiliki pH yang rendah sehingga bisa merusak lapisan cat mobil.

Untuk meminimalisir hal tersebut maka ada baiknya jika Anda menggunakan penutup mobil seperti terpal atau sebagainya ketika mobil tidak sedang digunakan. Tidak hanya hujan, terpal tersebut juga bisa digunakan untuk melindungi mobil dari debu, goresan, serta kotoran lainnya.

  1. Pastikan selalu dalam kondisi kering

Ketika mobil terkena air hujan maka sebaiknya Anda langsung mengeringkannya dengan kain yang cepat menyerap air. Hal ini disebabkan air hujan juga bisa menimbulkan bercak-bercak di kaca mobil sehingga bisa mengganggu jarak pandang. Selain membersihkan dengan kain, Anda juga bisa menggunakan sampo serta kain kanebo lembab untuk membersihkannya.

  1. Cek mesin mobil

Banjir merupakan hal yang sangat lumrah di Indonesia. Oleh sebab itu, saat musim hujan seperti sekarang Anda sebaiknya lebih sering mengecek kondisi mesin terutama jika mobil sudah berumur cukup tua. Hal ini disebabkan air yang masuk bisa membuat kerusakan yang berat sehingga membuat Anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

  1. Bersihkan bagian interior mobil

Selain bagian luar, bagai dalam mobil juga perlu dibersihkan secara teratur saat musim hujan terutama bagian karpet. Bagian ini kerap sulit dibersihkan terutama untuk mobil-mobil dengan body besar seperti Toyota Innova terbaru. Kabin penumpang yang luas seringkali sulit dibersihkan karena banyak tempat tersembunyi.

Hal ini tentu membuat banyak sisa-sisa tanah dan kotoran yang terbawa masuk mengendap di berbagai bagian. Agar bagian dalam selalu bersih dan bebas kuman ada baiknya jika selain menggunakan sabun Anda juga menggunakan disinfektan untuk membunuh virus terutama saat pandemi seperti saat ini.

  1. Gunakan cairan silikon untuk melindungi mobil

Perlu Anda ketahui cairan silikon merupakan pelumas yang bisa melembutkan bagian karet kaca dan juga pintu mobil. dengan begitu, kedua komponen tersebut akan lebih awet, tidak mudah rusak, dan tahan lama meskipun berada dalam cuaca yang tidak menentu.

  1. Cek bagian ban serta rem mobil secara teratur

Bagian ban dan rem merupakan bagian yang paling penting selama musim hujan. Ban yang sudah aus serta em yang kurang berfungsi dapat menyebabkan kecelakaan serius di musim hujan kabut jalanan yang terlalu licin karena air. Oleh sebab itu jika ban ataupun rem sudah tidak berfungsi sebaiknya Anda segera mengganti atau memperbaikinya ke bengkel terdekat.

  1. Panaskan mesin mobil tiap pagi

Memanaskan mesin mobil saat musim hujan berguna untuk menjaga kondisi mobil tersebut. Seperti yang diketahui, suhu udara saat musim hujan cukup rendah sehingga bisa mengganggu kinerja mobil jika tidak rutin digunakan. Waktu untuk memanaskan mobil juga tidak lama. Cukup sekitar 10-15 menit setiap pagi kemudian Anda bisa menggunakannya seperti biasa.

  1. Simpan mobil di tempat tertutup

Meskipun sudah dilakukan banyak usaha perawatan namun cara yang paling mudah menjaga mobil saat musim hujan adalah dengan menyimpannya di tempat tertutup. Dengan begitu, kendaraan Anda akan terlindungi dari berbagai kotoran, debu, air hujan, hingga sinar matahari yang merusak bagian luar mobil.

Bahkan jika kondisi banjir semakin parah , Anda disarankan untuk tidak menyalakan mobil sama sekali. Jika tidak maka mobil Anda beresiko mogok sehingga harus turun mesin yang pastinya membutuhkan biaya tidak sedikit.

Musim hujan saat ini banyak menyebabkan banjir besar di Indonesia. Oleh sebab itu untuk melindungi mobil ada baiknya jika Anda meggunakan asuransi banjir. Jenis asuransi ini cukup banyak ditawarkan khususnya kepada pemilik mobil Innova di Indonesia. Meskipun terkesan sepele tapi jika ada kerusakan serius maka asuransi tersebut jelas bisa membantu.

Bagaimana Merawat Mobil Innova Saat Musim Banjir dan Hujan?

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *